Perkembangan Grafik 3D
Perkembangan grafik telah berkembang sangatlah pesat. Terutama
dalam bidang komersil seperti perfilman ataupun game.
Dalam perfilman kita dapat melihat perkembangannya sejak
tahun 70an hingga saat ini, dahulu pembuatan film animasi hanyalah berbentuk 2D
dan dibuat secara frame by frame dan diproyeksikan oleh proyektor sehingga
menjadi sebuah film animasi walaupun masih terkesan kasar dan tanpa warna
Saat ini perkembangannya telah sangat pesat, setelah film
animasi tersebut tanpa warna(hitam putih) kemudia memiliki warna tetapi masih
dengan desain 2D, hingga kini telah menjadi desain 3D dengan warna yang beragam
dan terkesan lebih smooth, bahkan dalam sebuah film live action sekalipun
objek-objek 3D tersebut dapat dipadukan dengan video real sehingga menjadi
sebuah efek film yang luar biasa.
Dalam game pula mengalami perkembangan pesat dalam model
grafiknya. Semula game-game yang beredar hanyalah sebuah game-game sederhana
seperti Tetris dengan grafik 2D yang simple. Setelah mengalami perkembangan
game-game yang ada mulai memanfaatkan grafik 3D sebagai model dari gamenya
walaupun kesan dari objek 3D yang ada di game tersebut terkesan kasar contohnya
game yang terdapat pada Playstation1.
Hingga saat ini game yang ada menggunakan
objek 3D dengan resolusi yang sangatlah tinggi sehingga terkesan sangatlah
smooth bahkan sangatlah mirip dengan real. Akan tetapi objek 3D dengan resolusi
yang sangatlah tinggi itu membutuhkan perangkat tambahan atau memadai untuk
dapat memainkannya dikarenakan mesin haruslah merender seluruh frame yang ada
dalam objek dan setiap frame memiliki resolusi yang sangatlah tinggi, contohnya
game PC dengan spesifikasi yang tinggi ataupun Playstation3 atau Xbox360.
Post a Comment for "Perkembangan Grafik 3D"