Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Mencari Luas & Keliling Bangun Datar

Membuat Program menggunakan bahasa pemograman Java dengan mudah.
Saat ini banyak pekerjaan ataupun pelajaran yang membutuhkan pencarian Keliling & Luas suatu Bangun Datar.

Banyak orang atau pun pelajar sekalipun yang masih kesulitan dalam mencari luas maupun keliling dalam suatu bangun datar, baik itu karena lamanya perhitungan secara manual ataupun hal lainnya.

Atas dasar itulah saya membuat sebuah program yang akan membantu kita dalam mencari luas dan keliling suatu bangun datar.

Dalam Program Mencari Luas ini saya membuat 7 macam bangun datar antara lain :
1.Persegi.
2.Persegi Panjang.
3.Segitiga.
4.Jajar Genjang
5.Trapesium.
6.Layang-layang.
7.Belah Ketupat.
8.Lingkaran
Pada Program ini saya menggunakan bahasa pemograman Java, dan menggunakan Netbeans Sebagai IDE.
Berikut listing program :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package tugas1;
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author Ryuuhara
 */
public class Tugas1 {
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        Scanner inputan = new Scanner(System.in);
        float panjang;
        float lebar;
        float luaspersegipanjang;
        float kelilingpersegipanjang;
        float p=22/7;
        float alas;
        float tinggi;
        float jarijari;
        float sisi;
        float sisisejajarsamping;
        float sisisejajaratasbawah;
        float diagonal;
        int   pilih;
        float luaspersegi;
        float kelilingpersegi;
        float luassegitiga;
        float kelilingsegitiga;
        float luasjajargenjang;
        float kelilingjajargenjang;
        float kelilingtrapesium;
        float luastrapesium;
        float luaslayanglayang;
        float kelilinglayanglayang;
        float luasbelahketupat;
        float kelilingbelahketupat;
        float sisisejajar;
        float diameter1;
        float diameter2;
        float diagonal1;
        float diagonal2;
        float cobalagi;
        float luaslingkaran;
        float kelilinglingkaran;
        do{
        System.out.println("-------Penghitung Luas & Keliling-----------");
        System.out.println("Berikut Nama Bangun Runang yang tersedia :");
        System.out.println("1.Persegi");
        System.out.println("2.Persegi Panjang");
        System.out.println("3.Segitiga");
        System.out.println("4.jajar Genjang");
        System.out.println("5.Trapesium");
        System.out.println("6.Layang-layang");
        System.out.println("7.Belah Ketupat");
        System.out.println("8.Lingkaran");
        System.out.println("---------------------------------------------");
        System.out.print("Pilihan Anda(1/2/3/4/5/6/7/8) :   ");
        pilih = inputan.nextInt();
        int pilihan = pilih;
       switch(pilihan){
        //Persegi
           case 1:
            System.out.println("Luas&Keliling Persegi");
        System.out.print("sisi:");
        sisi = inputan.nextInt();
        luaspersegi = sisi*sisi;
        kelilingpersegi = 4*sisi;
        System.out.println("Luas Persegi = "+luaspersegi);
        System.out.println("Keliling Persegi = "+kelilingpersegi);
               break;
           case 2:
        //Persegi panjang
        System.out.println("Luas&Keliling Persegi Panjang");
        System.out.print("Panjang:");
        panjang = inputan.nextInt();
        System.out.print("Lebar :");
        lebar = inputan.nextInt();
        luaspersegipanjang = panjang*lebar;
        kelilingpersegipanjang = (2*panjang)+(2*lebar);
        System.out.println("Luas Persegi Panjangnya = "+luaspersegipanjang);
        System.out.println("Keliling Persegi Panjangnya = "+kelilingpersegipanjang);
             break;
           case 3:
               //segitiga
                System.out.println("Luas Segitiga");
        System.out.print("alas:");
        alas = inputan.nextInt();
        System.out.print("tinggi :");
        tinggi = inputan.nextInt();
        luassegitiga = alas*tinggi/2;
        System.out.println("Luas Segitiga = "+luassegitiga);
       break;
           case 4:
               //Jajar Genjang
                System.out.println("Luas Jajar Genjang");
        System.out.print("Alas:");
        tinggi = inputan.nextInt();
        System.out.print("Tinggi :");
        alas = inputan.nextInt();
        luasjajargenjang = alas*tinggi;
        System.out.println("Luas Jajar Genjang = "+luasjajargenjang);
               break;
           case 5:
               //trapesium
                System.out.println("Luas&Keliling Trapesium :");
        System.out.print("Alas:");
        alas = inputan.nextInt();
        System.out.print("Sisi Sejajar :");
        sisisejajar = inputan.nextInt();
        luastrapesium = alas*sisisejajar;
        System.out.println("Luas trapesium = "+luastrapesium);
               break;
           case 6:
               //layang-layang
                System.out.println("Luas layang-layang");
        System.out.print("Diameter1:");
        diameter1 = inputan.nextInt();
        System.out.print("Diameter2 :");
        diameter2 = inputan.nextInt();
        luaslayanglayang = (diameter1*diameter2)/2;
        System.out.println("Luas Layang-layang = "+luaslayanglayang);
               break;
           case 7:
               //belahketupat
                System.out.println("Luas&Keliling Belah Ketupat");
        System.out.print("Sisi:");
        sisi = inputan.nextInt();
        System.out.print("Diagonal1 :");
        diagonal1 = inputan.nextInt();
        System.out.print("Diagonal2 :");
        diagonal2 = inputan.nextInt();
        luasbelahketupat = (diagonal1*diagonal2)/2;
        kelilingbelahketupat = 4*sisi;
        System.out.println("Luas Belah Ketupatnya = "+luasbelahketupat);
        System.out.println("Keliling Belah Ketupatnya = "+kelilingbelahketupat);
        break;
           case 8:
               //Lingkaran
                System.out.println("Luas & Keliling Lingkaran :");
        System.out.print("Jari-Jari :");
        jarijari = inputan.nextInt();
        luaslingkaran = p*jarijari*jarijari;
        kelilinglingkaran= p*(2*jarijari);
        System.out.println("Luas Lingkaran = "+luaslingkaran);
        System.out.println("Keliling Lingkaran ="+kelilinglingkaran);
    }   System.out.print("coba lagi ? (ya(1)/no(2)");
        cobalagi=inputan.nextInt();
    }while(cobalagi<2);
}
}
Output program tersebut :
Program mencari luas
1.Persegi
2.Persegi Panjang
Program mencari luas
3.Segitiga
Program mencari luas
4.Jajar Genjang
Program mencari luas
5.Trapesium
6.Layang-layang


7.Belah Ketupat
8.Lingkaran





Ains Saling berbagi wawasan itu indah

Post a Comment for "Program Mencari Luas & Keliling Bangun Datar"